Keputusan
pembelian merupakan kegiatan individu yang secara
langsung terlibat dalam pengambilan keputusan untuk melakukan pembelian
terhadap produk yang ditawarkan oleh penjual. Pengertian keputusan
pembelian, menurut Kotler & Armstrong (2001: 226) adalah tahap dalam
proses pengambilan keputusan pembeli di mana konsumen benar-benar membeli.
Pengambilan keputusan merupakan suatu
kegiatan individu yang secara langsung terlibat dalam mendapatkan dan mempergunakan barang yang ditawarkan.
kegiatan individu yang secara langsung terlibat dalam mendapatkan dan mempergunakan barang yang ditawarkan.
Keputusan pembelian menurut Schiffman, Kanuk (2004, p.547) adalah pemilihan
dari dua atau lebih alternatif pilihan keputusan pembelian, artinya bahwa
seseorang dapat membuat keputusan, haruslah tersedia beberapa
alternatif pilihan.
Ada tiga aktivitas
yang berlangsung dalam proses keputusan
pembelian oleh konsumen yaitu ( Hahn, 2002 : 69 ) :
a. Rutinitas konsumen
dalam melakukan pembelian.
b. Kualitas yang
diperoleh dari suatu keputusan pembelian.
c. Komitmen atau
loyalitas konsumen yang sudah biasa beli dengan produk pesaing.
Menurut Kotler (
2002 : 183 ), perilaku pembelian konsumen dipengaruhi oleh:
1. Faktor budaya, yang
terdiri dari :
a. Budaya,
merupakan penentu keinginan dan perilaku yang paling
mendasar.
b. Sub-budaya,
masing-masing budaya memiliki sub-budaya yang lebih
kecilyang
memberikan lebih banyak ciri-ciri sosialisasi khusus bagi anggotanya.
c. Kelas sosial,
adalah pembagian masyarakat yang relative homogen dan permanent, yang
tersusun secara hierarkis dan anggotanya menganut nilai-nilai, minat dan
perilaku yang sama.
2. Faktor Sosial
a. Kelompok
acuan, yaitu kelompok yang memiliki pengaruh langsung (tatap muka) atau tidak
langsung terhadap sikap atau perilaku seseorang.
b.
Keluarga
c. Peran
dan Status , dimana peran adalah kegiatan yang diharapkan
akan dilakukan oleh seseorang dan masing-masing peran
tersebut menghasilkan status.
3. Faktor Pribadi,
yang terdiri dari usia dan tahap siklus hidup; pekerjaan dan lingkungan
ekonomi; gaya hidup dan kepribadian dan konsep diri.
4. Faktor Psikologis,
yang terdiri dari motivasi, persepsi, pembelajaran,keyakinan dan sikap.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar